Pernahkah anda berkunjung ke Lamongan? Sebuah kota dekat Surabaya yang terkenal dengan soto-nya. Namun ada apakah di Lamongan? Jangan terkaget-kaget kalau disini terdapat semacam ‘dufan-nya Lamongan’. Bedanya, anda akan bermain bermacam-macam wahana sambil ditemani pemandangan laut yang indah. Ya, Wisata Bahari Lamongan (WBL) memang berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Sehingga anda akan merasakan sensasi dalam bermain wahana permainan.

Sepertinya pemerintah setempat perlu diberi apresiasi yang tinggi. Bagaimana tidak, tempat seluas 11 hektare ini, dahulunya hanya berupa kawasan wisata Pantai Tanjung Kodok. Pengunjung yang datang boleh dibilang hanya ramai pada saat liburan sekolah dan akhir pekan. Namun sekarang, hampir setiap hari ramai pengunjung, terutama libur akhir pekan.

WBL terletak di Jalan Raya Tuban-Lamongan atau tepatnya di Jalan Raya Paciran, ex. Pantai Tanjung Kodok. Anda dapat menempuh perjalanan darat sekitar 5 jam dari kota Semarang. Bagi anda yang berasal dari daerah Barat atau Selatan seperti Semarang, Jogja, dan sekitarnya, tidak perlu khawatir mencari tempat untuk menginap. Karena tepat disamping WBL terdapat Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR), hotel bintang 5 yang dapat terhubung langsung dengan WBL. Saya akan mengulasnya di lain artikel.

Saya sendiri berkesempatan untuk mengunjungi tempat yang memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata ini. Bahkan saya beruntung untuk mencobanya pada saat hari kerja. Sekaligus untuk membuktikan benar atau tidak pada hari kerja pun juga cukup ramai. Awal saya tiba memang masih sepi. Maklum, tepat pukul 8.30 saya langsung datang ke WBL. Padahal itu adalah waktu awal WBL beroperasi. Dan ternyata benar saja, memasuki pukul 10.00, sudah mulai ramai pengunjung.

WBL sendiri memiliki banyak sekali wahana seperti: Paus Dangdut, Canoe, Istana Kucing, Texas City Camp, Rumah Kaca, Arena Ketangkasan, Bioskop 3 Dimensi, Waterboom, Jet Coaster, Boom-Boom Car, Kolam Renang dan masih banyak lagi dengan total wahana 40 buah. Semua itu dapat anda peroleh hanya dengan membayar tiket masuk sebesar 40ribu pada hari kerja dan 50ribu pada akhir pekan. Murah sekali bukan? Ada juga permainan lainnya diluar ke 40 wahana tadi. Tentu saja anda harus membayar lagi untuk setiap permainannya. Harganya cukup murah. Berkisar dari Seribu hingga 10ribu rupiah.

Salah satu wahana yang paling berkesan dari WBL adalah Permainan Air. Saya merasa tergoda untuk masuk untuk melihat-lihat permainan macam apa ini. Sesaat setelah saya masuk, betapa terkejutnya karena didalam sana hanya ada patung-patung tokoh kartun, gemericik aliran air, semburan air yang mengalir kecil, dan terowongan bertuliskan ‘Lorong Pengintai’ yang saya sendiri tak tahu gunanya. Saya sempat bertanya-tanya, “Apa bagusnya permainan ini. Mengecewakan”. Baru saja saya mengeluh seperti itu, ternyata saya disembur oleh tembakan air dari arah yang tidak saya ketahui. Saya lalu berlari menyelamatkan diri dan masuk ke terowongan ‘Lorong Pengintai’. Ya ternyata itulah guna terowongan ini dan terdapat beberapa terowongan lainnya. Lalu saya berusaha untuk keluar dari permainan ini. Saya keluar dari terowongan untuk mencari jalan, dan tiba-tiba CROOOTTT!! Semprotan air mengenai saya tepat dari sebelah depan. Saya langsung berlari cepat menuju gerbang bertuliskan EXIT dan lagi-lagi CROOOOTTT!!, tembakan air dari arah samping mengenai saya. Pada saat keluar, terdapat tulisan ‘Selamat Anda Kembali ke Masa Kecil’ dan ‘Selamat Anda Telah Disucikan Kembali’. Dan benar saja saya tertawa terbahak-bahak karena yang barusan adalah permainan yang seru.

WBL dapat dijadikan alternatif anda untuk mengisi liburan. Apalagi banyak sekali fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan. Dan tentunya akan membuat hari anda bersama keluarga dan orang yang anda sayangi menjadi makin akrab. Salam edVuntur!!

About these ads