Sebagian dari anda penikmat film pasti pernah menonton film-film tentang pasukan Mongol seperti Red Cliff, Genghis Khan dan sebagainya. Seorang raja Mongol tinggal di dalam tenda besar berwarna putih dan didalamnya terdapat kasur empuk besar dan bermacam-macam fasilitas untuk kenyamanan sang raja. Saya yakin sebagian besar dari anda belum pernah merasakan bagaimana rasanya berada didalam tenda raja Mongol tersebut.

Tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke Cina hanya untuk menikmati rasanya menjadi seorang raja Mongol. Anda cukup pergi ke The Highland Park daerah Sukajadi, Bogor. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mencapainya. Kira-kira 30 menit dari Istana Bogor anda akan sampai di The Highland Park. Anda cukup mengitari Istana Bogor, lalu melewati Jalan Ir. H. Djuanda, belok kanan memasuki Jalan Empang, Lalu menyusuri Jalan Kapt. Yusuf hingga ujung jalan, dan anda akan sampai.

Saya cukup beruntung sampai di The Highland Park pada waktu masih sore karena perasaan menjadi seorang raja terasa mulai dari gerbang utamanya. Sentuhan arsitektur mewah memanjakan mata bagi setiap yang melihat. Dari gerbang utama, anda akan melihat hamparan hijau perkebunan teh. Perjalanan menuju lobby utama pun cukup panjang. Anda harus melewati terowongan kecil terlebih dahulu untuk mencapai lobby. Sungguh perjalanan menuju lobby yang tidak mungkin anda jumpai di hotel manapun.

Sesampainya di lobby, ‘welcome drink’ untuk saya telah disediakan oleh pramusaji hotel yang ramah. Namun pandangan mata saya terusik oleh bagian dalam lobby hotel, tepatnya disamping restorasi. Saya menemukan pemandangan indah hijaunya hamparan perkebunan teh dan gunung besar yang menjulang tinggi. Ya, The Highland Park memang terletak persis di selatan Gunung Salak. Tidak hanya itu, disebelah timur terdapat perkebunan Bunga Krisan yang cukup luas. Sehingga untuk menikmati ‘welcome drink’ saja  sudah dimanjakan dengan hijaunya perkebunan teh, harumnya bunga krisan, dan pemandangan Gunung Salak yang cukup dekat dengan saya.

Anda mungkin akan sedikit terkejut dengan tempat anda menginap. Begitu pula dengan saya ketika diantar menuju tempat menginap tak lain adalah satu kawasan yang cukup luas dengan banyak tenda berwarna putih. Saya bertanya-tanya bagaimana mungkin jauh-jauh dari Jakarta hanya untuk tinggal di tenda? Saya pun berpikiran, “Pasti tempat tidur dan kamar mandinya pun sederhana. Mungkin seperti inilah caranya untuk menikmati alam”.

Namun pertanyaan saya pun berubah menjadi decak kagum saat dibukakan pintu kamar. Saya mendapati kamar mewah dengan hiasan paduan kain berwarna biru dan kuning di langit-langitnya, lantai marmer yang dingin, sofa empuk yang berjumlah empat buah, sebuah springbed besar nan mewah berada di tengahnya, AC Split dan televisi LCD 32″. Memasuki bagian dalam ruangan, saya mendapati kamar mandi mewah berlantai dan dinding marmer layaknya hotel berbintang.

Yang menarik dari ruangan yang anda sewa adalah anda tidak perlu membayar ‘extra bed’ jika kamar itu ingin diisi hingga 6 orang. Karena empat buah sofa yang ada di kamar itu dapat dijadikan tempat tidur. Ternyata sofa tersebut adalah sofa lipat yang jika dibuka dapat menjadi tempat tidur tambahan. Namun jangan salah sangka karena tidur di sofa lipat itu sangatlah nyaman. Sungguh bukan perjalanan yang sia-sia.

The Highland Park menyediakan lebih dari 40 Mongolian Camp (tenda raja Mongol) dan terdapat satu tenda besar yang dapat digunakan sebagai ruang rapat. Sehingga The Highland Park tidak hanya cocok sebagai liburan akhir pekan anda tetapi juga dapat dijadikan sebagai alternatif tempat baru untuk mengadakan acara kantor.

Decak kagum anda akan bertambah saat malam tiba. Dari balkon atas anda akan dapat melihat lampu-lampu kota Jakarta dan Bogor yang menyala dengan indahnya. Ratusan lampu lampion juga akan menemani anda melewati dinginnya malam. Ya, The Highland Park ingin memecahkan rekor MURI sebagai hotel dengan seribu lampion.

The Highland Park memiliki fasilitas yang sangat beragam. Seperti arena outbound, flying fox, kolam renang mini waterboom, joging track, air soft gun area, futsal dan basket ball court. Bagi anda pecinta tanaman hias, terdapat juga perkebunan bunga Krisan, Anthurium, Anggrek, dan Gerbera.

Selain menikmati fasilitas-fasilitas tersebut diatas, anda juga dapat menikmati pesona alam yang ada di dekat The Highland Park yaitu kawasan wisata Curug Nangka. Jaraknya hanya beberapa menit dari the Highland Park. Dari loket pembayaran masuk ke Curug Nangka, anda harus berjalan kaki menaiki bukit kurang lebih 30 menit untuk mencapai air terjun Curug Nangka. Jangan keburu lemas, karena anda akan disuguhkan pemandangan bukit yang indah dengan pohon cemara disamping-sampingnya. Persis seperti kawasan wisata Kaliurang yang saat ini sudah tidak bisa disinggahi lagi.

Dalam beberapa tahun ke depan anda akan disuguhkan beberapa alternatif tempat tinggal selain Mongolian Camp. Rencananya masih akan dibangun puluhan villa dan sebuah kawasan hotel sebagai pilihan untuk menginap. Sehingga tidak salah slogan dari The Highland Park Bogor sebagai ‘The First Seven Star Mongolian Camp’.

The Highland Park Bogor
Kp. Sinarwangi, Sukajadi, Kec. Tamansari, Bogor 16610 – Indonesia
Phone +62 251 848 5 777, 848 6 777
Fax +62 251 848 6 333
Email: edfunture@thehighlandparkbogor.com
Advertisements