Siapa yang tidak kenal Es Lilin? Es krim asli Indonesia ini berasal dari daerah Jawa Barat. Sayangnya pamor Es Lilin kini sudah sedikit tergeser oleh es krim modern yang saat ini beredar. Hanya sedikit yang masih bertahan.

Salah satunya yang masih bertahan adalah Es Lilin Njonja Besar. Es Lilin dengan merk bergambar ibu-ibu ini mampu mengikuti perkembangan jaman dimana kapital memainkan peran penting. Es Lilin ini adalah buatan rumahan (home industry). Uniknya, anda tidak dapat menemuinya di supermarket ataupun toserba lainnya yang ada saat ini. Es Lilin ini hanya tersedia di tempat-tempat tertentu. Kebanyakan tempat yang menyediakan Es Lilin Njonja Besar adalah di rumah-rumah makan sederhana tetapi ramai pengunjung.

Es Lilin Njonja Besar tersedia dalam berbagai macam rasa, seperti Strawberry, Coklat, Durian, Alpukat, Melon, Kacang Hijau, Sirsat, Nangka, dan yang paling saya gemari adalah Kacang Merah. Harganya pun sangat murah. Hanya dengan 3 ribu-5 ribu rupiah anda sudah dapat menikmati es lilin cita rasa jaman dahulu, namun dalam kemasan yang lebih baru.