image

Tentunya anda semua sudah tidak asing dengan Tana Toraja. Tempat wisata yang eksotis karena budayanya yang unik. Tapi pernahkah anda berkunjung ke Tana Toraja?
Bagi anda yang gemar travelling dan ada di sekitar Sulawesi Selatan, tidak ada salahnya jika anda menginjakkan kaki di Tana Toraja. Kabupaten ini terletak di Sulawesi Selatan bagian tengah. Jika menempuh perjalanan dari Kota Makassar ± akan anda tempuh kira-kira 8 jam perjalanan. Bagi anda yang tidak membawa kendaraan sendiri, bisa menggunakan jasa transportasi darat bus AKDP Bintang Prima atau Litha.

image

Tidak perlu guide jika anda berkunjung ke Tana Toraja karena ada petunjuk yang cukup jelas. Bahkan jika anda memiliki buku Lonely Planet saja itu sudah cukup.

image

Tempat pertama yang saya sarankan adalah Kete Kesu yang merupakan tempat wisata dengan rumah adat Tongkonan-nya seperti yang sering kita lihat di kartu pos. Ada berbagai macam rumah Tongkonan. Orang yang memiliki tanduk kerbau paling banyak itulah yang paling dihormati. Tidak begitu banyak rumah Tongkonan disini karena memang di Tana Toraja, rata-rata bentuk rumahnya adalah rumah Tongkonan.

image

Di Kete Kesu anda juga dapat melihat kuburan gantung (hanging craft). Tana Toraja sendiri memang terkenal dengan kuburan batu untuk orang yang sudah meninggal. Ada yang menggantungnya di batu, melubangi batu, ataupun ditaruh didalam gua. Namun sayangnya di Kete Kesu ini kuburan tersebut tidak dirawat dengan baik. Sehingga banyak kuburan yang rusak dan hancur.