image

Berkunjung ke Makassar tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khasnya. Beberapa yang terkenal adalah olahan daging, pisang, dan tentunya ikan. Di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, ikan tidak perlu diragukan lagi kesegarannya. Maklum, Makassar memiliki pelabuhan ikan yang dekat letaknya.
image

Rumah makan yang akan saya ulas kali ini adalah RM Losari yang terletak di Kec. Marisso. Rumah makan ini adalah cabang dari RM Losari yang letaknya tidak jauh dari rumah Jusuf Kalla di dekat kawasan Losari. Sehingga tidak salah jika namanya adalah RM Losari.
image

Kali ini saya mencicipi ikan ceppa bakar parappe dan ikan sunu goreng fillet lengkap dengan cah kangkung dan otak-otak sebagai makanan pembuka. Bagi yang belum tahu, parappe merupakan saus manis asam segar khas Makasaar berwarna coklat pekat diatasnya saat dihidangkan. Biasanya memiliki aroma bawang yang cukup tajam. Ikan Ceppa (kueh) ataupun ikan Kaneke sangat cocok untuk di masak bakar parappe. Jika ingin digoreng bisa menggunakan ikan sunu atau kakap yang punya tekstur daging yang lebih lembut.
image

Perlu anda ketahui, mencicipi kuliner ikan di Makassar bisa dibilang memuaskan lidah dan perut. Karena anda akan disuguhkan berbagai macam sambal. Paling tidak anda akan diberikan sedikitnya 3 macam sambal. Tetapi di rumah makan ini anda akan diberikan 5 macam sambal. Cobalah untuk mencampurnya dan temukan sensasi rasanya.
image

Kualitas ikannya tidak perlu diragukan. Ikan di rumah makan ini cukup segar. Karena beberapa kali saya datang, rasa manis ikan masih terasa saat menyantapnya.
image

Keunggulan dari rumah makan ini adalah memiliki banyak pilihan menu seperti udang, cumi, kepiting, dan berbagai macam ikan. Tidak ketinggalan sayuran dan menu ayam bagi mereka yang tidak suka dengan ikan. Pelayanannya pun cukup cepat. Tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menghidangkan menu yang telah kita pesan.
image

Harga tidak perlu diragukan lagi. Tidak terlalu mahal. Jika ingin mencicipi seporsi udang goreng mayonais, siapkan saja uang 35ribu. Ikan sunu besar goreng fillet hanya 60 ribu. Tidak begitu mahal bukan?